Back To All Articles

Tips Beriklan Google yang Efektif dengan Anggaran Kecil

2023-02-22 04:46:12
|
Digital Advertising

tips beriklan Google

Tips beriklan Google perlu Anda lakukan secara efektif. Mengiklankan bisnis dengan Google saat ini menjadi salah satu pilihan terbaik. Baik itu dalam mengembangkan bisnis, menarik pelanggan baru, serta meningkatkan profit. Google Ads atau yang dikenal dengan Google Adwords adalah sebuah platform advertising (periklanan) online terbesar bahkan terluas di dunia. Meski beriklan melalui Google  dengan anggaran kecil, bisnis yang Anda jalankan bisa meraih banyak pelanggan potensial.

Apalagi penggunaan mesin pencari Google saat ini masif di Indonesia. Informasi yang Anda butuhkan dapat diperoleh dengan mudah melalui Google. Oleh karena itu, Google memberikan potensi yang besar dan penuh kesempatan bagi brand. Terlebih untuk mengembangkan dan memperkenalkan bisnis dalam jangkauan konsumen yang lebih luas.

Inilah Tips Beriklan Google yang Efektif

performa iklan Google Ads

Google Ads sebagai platform yang bisa Anda gunakan untuk mengiklankan sebuah produk. Namun Anda membutuhkan akun Google Ads yang mana pembuatannya sangat mudah. Setelah membuka akun tersebut, saatnya Anda untuk mengembangkan bisnis dengan menggunakan Google Ads. Tentu saja agar iklan Anda menjadi efektif dengan anggaran kecil, Anda bisa mencoba menerapkan tips beriklan berikut ini.

Tetapkan Tujuan yang Jelas

Hal yang perlu dipersiapkan untuk bisa beriklan melalui Google Ads dengan cara menetapkan satu tujuan yang jelas. Hal ini sangat penting untuk Anda perhatikan, terlebih kesalahan yang banyak para pebisnis lakukan yakni tidak memiliki tujuan saat memasang iklan. Hingga akhirnya beranggapan bahwa iklan Google tidak efektif dan menghabiskan banyak biaya. Tujuan dari pembuatan iklan ini seperti mendapatkan panggilan telepon lebih banyak ke bisnis Anda, mendorong banyak pelanggan yang datang ke toko, hingga meningkatkan trafik website.

Gunakan Kata Kunci yang Tepat

Tips beriklan Google Adwords selanjutnya untuk Anda lakukan yakni menggunakan keyword yang tepat. Google akan menampilkan iklan yang sesuai dengan keyword penggunanya. Anda harus mengetahui keyword yang tepat, dengan cara melakukan riset keyword. Terlebih ada banyak tool riset keyword yang mudah Anda gunakan. Anda bisa melakukan riset keyword yang sering kompetitor gunakan.

Buat Teks Iklan yang Menarik

Mengulik teks iklan agar menarik audiens juga termasuk cara dalam meningkatkan performa iklan Google Ads. Oleh karena itu, teknik copywriting yang Anda gunakan harus tepat. Hal ini penting untuk diperhatikan agar bisa mencapai tujuan. Tentu Anda harus membuat teks iklan yang menarik, dengan memastikan tidak membanjiri teks serta informasi fitur produk. Pastikan menampilkan manfaat dan kegunaan fitur dalam penggunaan produknya. 

Menyesuaikan Iklan dengan Landing Page

Jika judul dan meta description pada iklan tidak sesuai dengan yang Anda iklankan, tentunya audiens akan menganggap iklan tersebut clickbait. Hingga akhirnya audiens memilih meninggalkan website Anda. Tips beriklan Google perlu menyesuaikan iklan dengan landing page yang ada. Jika tidak Anda lakukan, maka calon pembeli merasa kecewa dan kepercayaan bisnis akan menurun. Berbeda dengan iklan dan halaman tujuan relevan, maka calon pembeli bisa langsung memperoleh informasi penawaran.

Optimasi Landing Page 

Optimasi landing page memang sangat penting dalam beriklan. Ibarat sebuah perjalanan, landing page merupakan terminal bagi audiens untuk melanjutkan ke perjalanan selanjutnya. Intinya, landing page harus bisa memberikan informasi yang menarik dan membuat audiens bersedia klik CTA. Oleh karena itu, optimasi landing page terkait dengan informasi yang mudah audiens pahami. Jika desain atau tampilan landing page membingungkan, kemungkinan calon pelanggan akan membatalkan pembelian.

Buat Iklan Mobile Friendly

Untuk meningkatkan iklan Google Ads yang bisa Anda lakukan yakni dengan membuat iklan yang mobile friendly. Hal ini karena ada lebih dari 50% pengunjung website yang mengaksesnya melalui perangkat mobile. Artinya iklan bisa terlihat lebih banyak orang, jika desain iklan sangat mobile friendly. 

Sebaliknya, jika iklan sulit terlihat dari smartphone atau perangkat mobile, maka audiens kesulitan dalam memperoleh informasinya. Tips beriklan Google yang tepat harus membuat desain iklan untuk desktop dan mobile. Bahkan membuat desain khusus untuk keduanya.

Tentukan Bidding

Bidding merupakan biaya yang akan Anda keluarkan atau harga sekali klik iklan. Terdapat dua pilihan yang bisa Anda terapkan. Anda bisa mempercayakan Google dalam menentukan sendiri nilai per klik. Sistem yang digunakan dengan melihat tingkat kompetisi, berapa jumlah pengiklan dengan kategori serupa seperti wilayah jangkauan serta kata kuncinya.

Selain itu, bisa dengan mengisi sendiri nominal yang ingin Anda bayarkan per klik. Jika Anda mengisi nominal yang terlalu rendah, maka iklan mungkin tidak akan muncul. Bahkan jika terlalu tinggi, kemungkinan akan cepat menghabiskan anggaran harian. 

Jangan Lupa A/B Testing

Tips beriklan Google selanjutnya yang bisa Anda lakukan yakni A/B testing. Cara ini termasuk cara terbaik menentukan jenis iklan paling efektif dalam mencapai target iklan. Tes ini bisa Anda lakukan satu per satu. Kemudian bisa dimulai dari desain iklan, copywriting, dan juga bidding hingga landing page suatu iklan. Hal ini juga bisa Anda lakukan secara bersamaan. A/B testing sangat penting karena terbukti bisa memberikan insight mengenai hasil terbaik. Meski perubahan yang terjadi mungkin tidak terlalu banyak.

Retargeting

Retargeting yakni memberikan penawaran terhadap pengunjung, ketika mereka sudah berinteraksi pada web Anda, akan tetapi belum juga mereka melakukan pembelian. Cara ini bisa Anda jadikan strategi promosi karena peluang konversinya tersebut bisa mencapai 60%. Caranya dengan menampilkan iklan kembali yang terdapat pada berbagai website, media sosial serta aplikasi. Jika berhasil melakukan retargeting dengan baik, tentu promosi iklan akan terasa lebih efektif.

Monitoring dan Evaluasi Performa Iklan

Penting untuk selalu memantau iklan yang sudah tayang. Jika ada iklan yang tidak efektif, maka bisa segera menghentikannya. Anda bisa mengukur performa iklan menggunakan tool bernama Google Analytics. Tool ini bisa Anda gunakan untuk mengetahui jumlah trafik, data pengunjung, dan lain sebagainya. Data analytic akan membantu Anda dalam mengambil keputusan mengenai optimasi iklan.

Kini Google Ads sudah menjadi alternatif promosi yang efektif, efisien, dan juga terjangkau. Meski dengan anggaran kecil bukan berarti Anda hanya asal-asalan. Anda harus mempelajari dan menerapkan tips beriklan Google. Terlebih setiap bisnis memiliki strategi masing-masing, sehingga memiliki cara tersendiri untuk mendapatkan hasil lebih maksimal. 

 

 

107 companies requested a proposal last month

Request A Marketing Proposal

We'll get back to you within a day to schedule a quick strategy call. We can also communicate over email if that's easier for you.

Your information is secure. We won't ever send you spam or sell your contact details. We hate BS like that as much as you do.

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Visit Us

Headquarters
Jl. Duta Bumi Raya Blok E.10 No.16. RT 008/RW 009.
Kelurahan Pejuang, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat
(17131)
View On Map

General Inquiries

Apply To Work

Check Out Our work (We Love Showing It off)